header

Kesalahan Seperti Ini Sering Terjadi Saat Mengobati Sakit Gigi

aa555de5-6faa-4327-996f-f49156acd2fa_169

Jakarta, Kombinasi obat pereda nyeri populer untuk mengobati nyeri akibat sakit gigi yang tak tertahankan. Salah satu kombinasi yang populer adalah konsumsi obat kalium diklofenak dan asam mefenamat.

Padahal menurut dokter, kombinasi tersebut salah dan tidak benar. Dikatakan pakar, baik kalium diklofenak maupun asam mefenamat sama-sama memiliki efek sebagai obat pereda nyeri.

“Itu kombinasi yang salah sekali. Dua obat itu punya manfaat yang sama,” tutur Prof drg Dewi Fatma Suniarti Sastradipura, MS, PhD, usai pengukuhannya sebagai Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Biologi Oral Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Baik asam mefenamat maupun kalium diklofenak sama-sama dikategorikan sebagai obat Anti Inflamasi Non-Steroid (AINS).

Meskipun sama-sama pereda nyeri penggunaan dua obat ini secara bersamaan tidak akan menambah manfaat. Dikatakan Prof Dewi, kualitas pereda nyeri tidak akan bertambah meskipun dua obat ini dikonsumsi bersamaan.

“Manfaatnya nggak akan bertambah. Yang ada malah efek sampingnya nanti yang bertambah,” paparnya lagi.

Oleh karena itu jika sakit gigi, Prof Dewi menganjurkan agar memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan menjelaskan apa penyebab sakit gigi Anda sebelum menentukan obat yang dibutuhkan.

“Jadi jangan dua-duanya. Pilih salah satu, tergantung dari penyebab sakit giginya apa,” tutupnya.

Sumber

Kontak Kami

customer-service-icon.wwwpng

Customer Service 1

home Jarum, Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia
phone 085712345678
bbm ABC123D4
email Email@yahoo.com
Kalender
whatsapp
whatsapp